Mengenal Cara Kerja CVT, Transmisi Baru pada Mitsubishi Xpander


New Mitsubishi Xpander 2021 yang diperkenalkan pada November 2021 silam masih mengundang rasa penasaran publik, terutama mereka yang berencana mengajukan
kredit Mitsubishi Xpander. Terlebih dengan adanya sejumlah perubahan signifikan pada mobil tersebut. Salah satunya adalah penggunaan teknologi continuous variable transmission atau CVT.

Apa itu CVT pada Mitsubishi Xpander?

Sebelum model facelift diperkenalkan, Mitsubishi masih memakai transmisi otomatis konvensional dengan 4-percepatan yang responsif untuk seri Xpander. Namun, perkembangan zaman mendorong perusahaan otomotif asal Jepang tersebut untuk berinovasi, termasuk dengan memberikan CVT sebagai transmisi barunya.

Apa yang membedakan CVT dari transmisi otomatis konvensional? Berikut pembahasannya!

Pada CVT, jenis peranti yang digunakan adalah sabuk baja dan puli. Kedua komponen tersebut yang berfungsi menggerakkan transmisi, sementara gigi rasio yang menyesuaikan perubahannya berdasarkan putaran mesin. 

Berbeda dengan transmisi otomatis konvensional yang masih mengandalkan torque converter, hydraulic control unit, serta planetary gear set. Torque converter sendiri merupakan pengganti kerja pedal kopling yang dipasang pada mobil manual. Sementara yang menjadi gigi rasio adalah planetary gear pada sistem transmisi. Lantas hydraulic control unit akan mengatur perpindahan gigi saat Anda melajukan kendaraan.

Bagaimana pengalaman membawa Xpander dengan CVT?

Untuk membuktikan kemampuan Xpander 2021 di jalanan, Mitsubishi menggandeng Rifat Sungkar, pembalap nasional sekaligus brand ambassador Mitsubishi Indonesia. Rifat pun mendapatkan kesempatan menjajal Xpander 2021 untuk membuktikan klaim dari Mitsubishi dan kemudian membagikan pengalamannya pada berbagai portal berita. 

Menurutnya, dengan sedikit friksi, Mitsubishi Xpander 2021 mampu memberikan pengalaman mengemudi nyaman dan menyenangkan karena minim menimbulkan hentakan. Hal ini tak terlepas dari CVT yang mampu menghilangkan hentakan saat perpindahan gigi. Pergerakan pun lebih halus dibandingkan model-model facelift sebelumnya.

Rifat mengetes kemampuan Mitsubishi Xpander 2021 dengan membawanya ke berbagai jalan yang mempunyai kondisi berbeda. Salah satu perbedaan yang Rifat rasakan adalah saat tenaga mobil mencapai 3.000-3.500 rpm, sebab dia merasakan ada dorongan ekstra yang membuat kendaraan seakan tak menghadapi hambatan. Dengan kata lain, walau CVT lebih halus, transmisinya tetap bisa Anda bawa untuk lebih ‘gahar’ di jalan.

Mengetesnya dengan menginjak gas sampai 3.000 rpm seperti yang Rifat lakukan adalah satu dari sekian cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui kemampuan Xpander 2021. Dibandingkan Xpander sebelumnya, model terbaru ini mempertahankan kick down di rpm tertentu dengan torsi yang mengeluarkan tenaga sesuai permintaan.

Kendati demikian, saat membawa mobil ke tanjakan, Anda disarankan untuk tetap mengambil momentum. Tujuannya adalah untuk melewati tanjakan dengan mudah, apalagi kendaraan tersebut sudah dilengkapi traction control.

Jika Mitsubishi Xpander 2021 adalah mobil yang dibutuhkan, Anda yang sudah menyiapkan biaya bisa membelinya dengan pengajuan kredit di dealer resmi.