Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

Ketika di sekolah, anak-anak memang sudah akan diajarkan cara menulis dan membaca. Namun peran orang tua juga penting untuk membantu agar proses pembelajaran lebih efektif. Cara mengajarkan anak membaca juga penting dilakukan baik di rumah maupun di sekolah agar anak tidak lupa.

Memperkenalkan Huruf dengan Cara yang Menyenangkan

Pertama-tama, anak-anak tentu harus mengenal huruf bahkan ini juga bisa diajarkan sebelum iya masuk sekolah. Jika anak sama sekali tidak mengenal huruf atau belum menguasainya, maka rujukan harus dilakukan dengan cara sambil bermain. Ini karena anak-anak lebih cepat menangkap dan mengingatnya. Anda dapat melakukan ini menggunakan teks flashcard dengan gambar dan warna-warna cerah.

Anda juga dapat bernyanyi sambil membaca bagan alfabet di dinding. Perkenalkan pengucapan setiap huruf dengan benar. Ini berdampak besar pada cara Anda membacanya nanti. Mungkin terdengar sulit mengajari anak membaca tanpa mengeja.

Anak-anak juga bisa mengalami kesulitan pada awalnya, jadi Anda harus mengejanya terlebih dahulu. Di sini ibu harus rajin dan pantang menyerah menjelaskan dan memberikan contoh kepada anaknya agar bisa membaca tanpa mengeja lagi. Jika cara mengajarkan anak membaca dilakukan rutin, mereka akan segera menjadi fasih dalam membaca.

Tips Menerapkan Teknik Tanpa Mengeja

Ibu perlu menggunakan media pembelajaran yang sederhana namun dapat merangsang minat belajar anaknya. Misalnya, kartu flashcard, buku, tabel, karakter magnetik, dan sebagainya. Ajarkan anak bermain bersama.

Luangkan waktu untuk belajar sambil bermain, menikmati suasana dan menjaga anak agar tidak bosan. Tidak lupa juga dengan membatasi waktu. Jika belajar terlalu lama, anak Anda mungkin bosan. Untuk itu perlu dilakukan pembatasan waktu belajar dan pelan-pelan tingkatkan frekuensinya. Misalnya, satu jam sehari, satu jam minggu depan, dua sesi sehari, dan seterusnya.

Silahkan sesuaikan dengan mood anak anda. Beritahu anak Anda bahwa ketika mereka senang dan bersemangat, mereka akan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada ketika mereka lesu dan lelah. Namun tentu saja belajar harus dalam keadaan mood yang bagus tanpa paksaa.

Berikan nuansa belajar yang nyaman dan juga dukung dengan susu Nutrilon dengan kandungan nutrisi yang lengkap mendukun pertumbuhan anak. Ini akan mendukung cara mengajarkan anak membaca lebih efektif.