Mengenal Bitcoin, Apa itu Bitcoin?

Mata uang merupakan alat yang digunakan sehari-hari untuk bertransaksi jual beli barang. Seiring berkembangnya jaman telah hadir mata uang digital yang bernama bitcoin. Apa itu bitcoin? Bitcoin adalah mata uang digital yang sedang ramai diminati oleh sebagian besar para investor. Selain itu bitcoin merupakan bagian dari aset crypto yang memiliki kapitalisasi pasar tinggi.

Bitcoin diluncurkan pertama kali pada 9 Januari 2009. Mata uang digital ini ditemukan oleh seorang ahli komputer yang bernama Satoshi Namakoto tetapi sampai sekarang belum diketahui pasti sosok aslinya. Mata uang digital ini telah diperdagangkan di pasar bursa internasional.

Di Indonesi baru tahun 2019 bitcoin mengantongi izin dapat masuk dalam perdagangan bursa berjangka komoditas Indonesia melalui peraturan No. 5 Tahun 2019 yang dikeluarkan BAPPETI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas). Namun mata uang ini di Indonesia tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan hanya dianggap sebagai jenis komoditi saja. Oleh karena itu, bitcoin di diawasi oleh OJK melainkan hanya diawasi BAPPETI.

Selain para investor kaum muda mudi saat ini melirik bitcoin sebagai investasi. Namun ada beberapa hal yang harus diperhitungkan sebelum Anda memulai investasi di bitcoin, yaitu sebagai berikut 

1. Bitcoin memiliki nilai naik turun (fluktuasi)

Mata uang digital ini memiliki nilai yang tidak tetap atau naik turun, sehingga memiliki resiko tinggi. Sebagai pemula yang ingin berinvestasi pada bitcoin ini sebaiknya harus memahami betul bagaimana transaksi bitcoin ini. Memang memiliki potensi besar menguntungkan, namun sebaliknya juga memiliki potensi besar untuk rugi. Oleh karena itu, perlu dilakukan riset mengenai bitcoin ini sebelum melakukan transaksi.

2. Tidak diakui Sebagai Mata Uang Yang Sah

Bitcoin di pasar internasional termasuk alat pembayaran, namun di Indonesia bitcoin tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Hal ini dikarenakan BI dan OJK tidak menganggap bitcoin sebagai produk ekonomi yang sah, hanya sebatas jenis komoditi.

Demikian beberapa hal mengenai apa itu crypto yang saat ini sedang ramai diperbincangkan.