Ketahui Jenis Fitting Pipa Sesuai Kebutuhan Sistem Perpipaan

Saat ini penggunaan pipa sudah cukup umum sebagai alat yang dibutuhkan untuk membantu mengalirkan air dari satu tempat ke tempat yang lain. Namun, tak jarang tempat yang harus dilalui bukanlah medan yang lurus sehingga memerlukan alat yang berguna untuk menyambung menggunakan fitting pipa antara satu pipa dengan pipa yang lain dan mengarahkannya sesuai keinginan. 

Menentukan jenis fitting pipa bukanlah hal yang sulit namun anda terlebih dahulu harus mengetahui jenis pipa serta ukuran pipa karena hal ini sangat menentukan jenis dan ukuran fitting pipa. Jenis pipa berdasarkan material pembuatnya dibedakan menjadi dua yakni pipa berbahan dasar logam dan berbahan dasar non logam. Kelebihan yang ditawarkan pipa berbahan dasar logam yakni lebih kuat da dapat dipakai di bawah tanah serta umumnya terdiri atas dua kelompok yakni ferrous serta non ferrous. Sedangkan pipa dengan bahan dasar non logam lebih sering dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. 

Ukuran pipa air umumnya terbagi menjadi NPS, DN serta Sch. Apa saja perbedaannya? Pipa NPS disebut juga sebagai Nominal Pipe Size merupakan jenis pipa yang menggunakan standar amerika utara dan penentuan ukuran menggunaka inch. Sedangkan pipa dengan ukuran DN merupakan jenis pipa yang berkiblat kepada Eropa dengan patokan ukuran yang digunakan yakni milimeter.

Terakhir, ada ukuran Sch atau schedule yang ditentukan berdasarkan ketebalan pipa tersebut. Awalnya jenis pipa ini memiliki ketebalan dari standard, extra standarf atau disebut juga x, double strong hingga extra strong atau xxs. Saat ini penamaan pipa schedule dibedakan berdasarkan ukuran misalnya 2, 5s dan seterusnya. 

Fitting pipa yang cukup sering digunakan yakni jenis pipa elbow yang sering disebut sebagai ells. Pipa ni berbentuk siku – siku dengan sudut 45 hingga 90 derajat. Namun, jika anda membutuhkan ukuran yang lain anda juga tetap bisa mendapatkannya. Jenis fitting pipa selanjutnya yakni Tee Y yang berguna untuk menyambungkan beberapa jalur pipa sekaligus. Biasanya fitting pipa Tee Y memiliki bentuk dengan satu input dan dua output atau juga bisa dua input satu output. 

Fitting pipa yang cukup berguna sebagai kompresi yakni fitting pipa kompresi. Pipa ini memiliki tiga bagian diantaranya ferrule, body dan nut yang merupakan bagian dari gasket ring. Fitting pipa ini disebut sebagai fitting pipa kompresi karena memiliki tekanan yang lebih kuat dan cukup sering digunakan dalam bidang industri. 

Fitting pipa air lain yang tidak begitu dikenal namun masih sangat bermanfaat yakni jenis valve. Tak jarang orang tidak menggolongkannya sebagai fitting pipa namun sebagai material yang lain. Salah satu penyedia fitting pipa yang cukup terkenal yakni Rucika. Anda bisa mendapatkan fitting untuk pipa air yang berkualitas dari Rucika. 

0 komentar